Jumat, 12 Maret 2010

ayo tanam biji pohon buah-buahan

Kebetulan siang tadi, sehabis rehat, saya mampir ke ruang TI & kebetulan ada sekantong buah rambutan hasil “panen” rekan TI yang baik-baik. Teringat acara “Tanpa Tanda Jasa” di MeroTV minggu lalu, saya kumpulkan biji rambutan yg saya makan. Banyak yang bertanya, buat apa ?

Bila ada yg sdh menonton acara di MetroTV tsb, ya begitulah. Biji2 buah2an dikumpulkan, bisa yg dari rumah, atau dari pasar, kemudian disebar saja, bisa dengan dilempar, diluncurkan dengan alat bantu ketapel misalnya, sehingga bisa mencapai tempat yang jauh. ke lahan tak bertuan, di hutan, di semak, di tempat yg tidak mengganggu kepentingan orang lain. Harapannya, semoga biji2 buah2an tsb dapat bertumbuh. Dan sekarang adalah saatnya karena ada alam yang akan memeliharanya dengan disiram melalui hujan hingga cukup kuat untuk tumbuh.

Kita pun bisa mencobanya. Kumpulkan biji buah2an apa saja, seperti rambutan, durian, nangka, mangga, kelengkeng, dll. Tidak perlu memikirkan buahnya kurang berkualitas, enak atau tidak, bahkan susah berbuah sekalipun. Karena disini, tujuannya adalah memperbanyak pohon-pohon buah yang akan cukup menjadikan udara sejuk, tempat untuk teduh, tempat burung2 bisa hinggap.

Saya mengajak anda untuk kita menyapa akrab dengan alam dengan usaha yang sederhana tersebut. Saya mau, dan anda pun bisa. Ayoo, sekarang ..


ssumber: http://donyirawan.wordpress.com/2009/11/24/tanam-biji-pohon-buah-buahan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar