Kamis, 18 Maret 2010

Lagi-Lagi Ditunda, SBY Tetap Setia Tunggu Obama

Lagi-Lagi Ditunda, SBY Tetap Setia Tunggu Obama

Jum'at, 19 Maret 2010 - 09:18 wib
text TEXT SIZE :
Share
Lamtiur Kristin Natalia Malau - Okezone
Barack Obama (Foto: daylife)

JAKARTA - Dua kali sudah Presiden Amerika Serikat Barack Obama menunda kunjungannya ke Indonesia. Padahal, segudang persiapan sudah dilakukan untuk menyambutnya.

Tapi bagaimana pun, Pemerintah Indonesia akan tetap menunggu kehadiran Obama. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun tak akan mungkin akan menolak kunjungan Obama, meski jadwalnya serba tak pasti.

"Sulit ya, bagaimanapun kita masih bergantung dan menaruh harapan. Terutama dalam kerangka tujuan kunjungan Obama yang ingin memperbaiki hubungan dengan dunia Islam. Suatu kebanggaan juga kita bisa berpartner dengan AS. Posisi Indonesia cukup penting," papar pengamat internasional Universitas Indonesia (UI) Nurani Chandrawati saat berbincang dengan okezone, Jumat (19/3/2010).

Presiden SBY sendiri, lanjut dia, akan menyikapi penundaan kunjungan Obama dengan bijak. SBY pasti memaklumi karena tekanan dari Partai Republik lebih besar.

"Tidak akan ada yang kontroversial. SBY juga akan menjaga hubungan baik dengan Amerika," tandasnya.

Seperti diberitakan, setelah menunda kedatangannya pada pekan lalu, Obama telah mengumumkan penjadwalan kembali kunjungannya ke Indonesia pada pekan ini. Namun itu pun tanpa kehadiran istrinya, Michelle, dan dua putrinya, Malia dan Sasha.

Tapi jadwal terbaru itu pun batal lagi. Obama mengaku terpaksa memilih tetap berada di AS untuk menanti keputusan parlemen soal RUU Jaminan Kesehatan.
Penundaan kedatangan Obama ke Indonesia juga meninggalkan kekecewaan mendalam. Pasalnya sudah banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut si Barry.

"Saya melihat adanya kekecewaan di tingkat publik, di mana masyarakat yang sudah siap menyambut akan merasa kecewa, tetapi yang berdemo menolak kedatangan obama terlebih menganggap menang," ungkap anggota Komisi I DPR Hidayat Nurwahid kepada okezone, saat dihubungi terpisah.
(lam)



http://news.okezone.com/read/2010/03/19/337/313987/lagi-lagi-ditunda-sby-tetap-setia-tunggu-obama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar