Rabu, 14 April 2010

kurang pasokan gas listrik jakarta siaga

Kurang Pasokan Gas, Listrik Jakarta Siaga!

Rabu, 14 April 2010 - 17:25 wib
textTEXT SIZE :
Wilda Asmarini - Okezone

JAKARTA - Kurangnya pasokan gas di PLTGU Muara Tawar, Bekasi, Jawa Barat, yang kini hanya terdapat sebanyak 100 bbtud dari biasanya yang mencapai 200-300 bbtud bisa berdampak pada minimnya jaminan suplai listrik di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Bahkan kekurangan pasokan gas ini diindikasikan akan mengakibatkan terjadinya pemadaman listrik bergilir di Jakarta dan sekitarnya.

"Kalau pembangkit di Muara Tawar ini mencapai di bawah 100 bbtud, maka pembangkit di Muara Tawar ini akan kekurangan daya hingga 1.000 MW dan bakal berdampak pada security of supply (jaminan pasokan) listrik di Jakarta," ungkap Direktur Bisnis dan Manajemen Resiko PT PLN (Persero) Murtaqi Syamsuddin saat konferensi pers mengenai laporan keuangan dan efisiensi pengusahaan PLN di kantor pusat PLN, Jakarta, Rabu (14/4/2010).

Dampaknya, Murtaqi mengatakan tidak hanya pada kenaikan biaya produksi, tapi juga pada operasional yang mana akan terjadi substitusi dari bahan bakar gas menjadi bahan bakar minyak.

Murtaqi menyebutkan saat ini PLTGU Muara Tawar memiliki dua tangki minyak yang masing-masingnya berkapasitas 30 ribu kilo liter (KL). Tapi sayangnya, satu tangki hanya bisa bertahan selama 10-14 hari.

"Kalau pasokan gas sampai 60 bbtud, maka kami harus pakai minyak sebagai penopang gas. Tapi kami harus pastikan pasokan minyak juga aman," tuturnya.

Bila penggunaan bahan bakar minyak masih kurang menyokong, lanjut Murtaqi, maka daya akan dialihkan ke pembangkit lainnya. "Selain itu, untuk pasokan listrik di sekitar Jakarta akan dialokasikan melalui jaringan," tambahnya.

Bahkan, dampak yang lebih hebat lagi yaitu adanya indikasi terjadinya pemadaman listrik untuk daerah sekitar Jakarta.

"Kemungkinan itu (pemadaman listrik bergilir) memang ada. Tapi kami tetap berharap agar hal itu tidak sampai terjadi," tukasnya.

Perlu diketahui, kekurangan gas ini menyebabkan PLN merugi sebesar Rp2,4 triliun hingga Rp3 triliun pada tahun ini.(adn)(rhs)



sumber :

http://economy.okezone.com/read/2010/04/14/320/322709/320/kurang-pasokan-gas-listrik-jakarta-siaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar