Rabu, 14 April 2010

RI bisa masuk peringkat investment grade

RI Bisa Masuk Peringkat Investment Grade

Rabu, 10 Maret 2010 - 11:19 wib
textTEXT SIZE :
Andina Meryani - Okezone
Menkeu Sri Mulyani. Foto: Heru Haryono/Okezone.com

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan bahwa Indonesia akan bisa masuk ke levelinvestment grade dalam waktu kurang dari satu tahun.

"Kami berupaya kurang dari satu tahun investment grade bisa ditingkatkan," ujarnya dalam Foreign Press Gathering di Aula Mezzanine, kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (9/3/2010) malam.

Menurutnya, lembaga pemberi rating dunia telah melihat APBN Indonesia semakin sehat, bahkan melebihi negara lain. Begitu juga dengan kondisi makroekonomi Indonesia secara keseluruhan.

"Mereka lebih melihat dari budget mereka bilang budget kita kesehatannya di atas rata-rata dibandingkan negara lain. Kapital tetap bagus karena kualitas ekonomi yang bagus," paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Anggito Abimanyu menyatakan Indonesia bisa mencapaiinvestment grade jika bisa memperbaiki iklim investasi dan laporan keuangan baik pemerintah pusat maupun daerah.

Untuk memperbaiki iklim investasi tersebut, pemerintah mengusahakan insentif di sektor pajak dan menyelesaikan hambatan-hambatan dalam pengembagan infrastruktur.

"Mulai dari UU pajak, memberikan insentif. Kemudian debottlenecking dari infrastruktur, itu kan dianggap Indonesia belum bisa maju karena masalah-masalah tanah itu belum terselesaikan. Kalau kita bisa menyelesaikan itu, mudah-mudahan bisa upgrade," tandasnya.
(ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar