Jumat, 30 April 2010

Pemprov DKI Kaji Kenaikan Tarif Bus TransJakarta

Pemprov DKI Kaji Kenaikan Tarif Bus TransJakarta
Hery Winarno - detikNews
Jakarta - Kabar buruk bagi anda pengguna setia Bus TransJakarta. Pemprov DKI tengah mengkaji kenaikan tarif Bus TransJakarta, menyusul naiknya harga bahan bakar gas (BBG) sebesar 15 persen.

Rencana kenaikan tersebut akan dibahas oleh Pemprov DKI bersama dengan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) pekan depan.

"Ada beberapa hal yang sedang dalam proses pengkajian dan waktu penetapannya pun harus dibicarakan dengan DTKJ. Jadi saya tidak bisa menentukan besarannya dan kapan," ujar Gubernur DKI Fauzi Bowo di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (30/4/2010).

Meski demikian, Foke sapaan akrab Fauzi memberikan jaminan jika kenaikan tarif baru akan diterapkan jika standar pelayanan minimum (SPM) bus TransJakarta sudah bisa dilaksanakan dan layanan fasilitasnya sudah membaik.

"Kenaikan tentu harus lebih dulu dilakukan dengan meningkatan SPM, tidak bisa sembarangan," tambah Foke.

Selain kesiapan SPM, menurut Foke Pemprov DKI juga akan mereview kontrak kerja antara BLU, Pemprov DKI, dan operator busway. Beberapa hal yang akan direview antara lain masalah kemungkinan pengalihan bis dari satu koridor ke koridor lainnya.

"Seringkali terjadi kekurangan armada bis di koridor dengan ridership yang sangat tinggi, sedangkan di koridor lainnya justru banyak bis yang tidak terpakai. Karenanya, review isian kontrak akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan," pungkasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar